Tips Trik Belajar Bahasa Jepang Mandiri

Apakah Benar-Benar Mungkin untuk Belajar Cara Berbahasa Jepang dalam Waktu Kurang dari 4 Minggu?

Iya.

Jika kita mengatakan tidak, ini akan menjadi posting blog yang cukup singkat bukan?

Dengan kerja keras, alat yang tepat, dan latihan sehari-hari, hampir semua orang bisa belajar bahasa Jepang yang bisa digunakan.

Anda dapat mencapai tingkat yang cukup tinggi untuk bertahan tinggal di luar negeri di negara ini . Jika Anda hanya belajar untuk bersenang-senang, Anda dapat menggunakan panduan ini untuk mempercepat diri sendiri hingga tingkat pemula hingga menengah.

Mari kita perjelas satu:  Anda tidak akan menjadi lancar dalam sebulan. (Kecuali Anda seorang jenius bahasa asing.)

Tetapi Anda benar-benar dapat mempelajari apa yang Anda perlukan dengan satu bulan belajar. Ini semua tentang menemukan sumber daya apa yang terbaik untuk Anda.


Kami merekomendasikan untuk mencetak halaman ini atau menuliskan langkah-langkahnya dengan sumber dayanya, dan menelusuri setiap langkah dan menautkan satu per satu. Saat Anda menyelesaikan setiap sumber daya, coret saja.

Beri diri Anda tenggat waktu untuk mencapai akhir posting: sebulan sejak Anda mulai belajar.

Pada akhir bulan, Anda harus dapat membentuk kalimat yang koheren, membaca beberapa teks dasar (dengan furigana) dan memahami beberapa bahasa Jepang yang diucapkan. Anda akan terkejut betapa banyak yang telah Anda pelajari!

Cara Belajar Bahasa Jepang dalam Waktu Kurang dari Satu Bulan: 4 Langkah Menuju Sukses




1. Gunakan Aplikasi dan Sumber Daya Terbaik

Tentukan kecepatan dan jadwal Anda
Ada begitu banyak aplikasi di luar sana yang fokus pada pelajaran harian yang dirancang agar sesuai dengan kecepatan yang nyaman bagi pelajar.

Ingin langsung belajar satu jam? Lakukan itu! Hanya ingin menyisihkan 15 menit sehari? Ini bisa dilakukan.

Tetapi jika Anda ingin benar-benar menguasai bahasa Jepang dalam waktu empat minggu, kami sarankan untuk berlatih bahasa Jepang dan belajar selama minimal 30 menit sehari — tunda lebih banyak waktu belajar kapan pun Anda bisa!

Gunakan aplikasi untuk membantu Anda memulai
Alat dan aplikasi pembelajaran bahasa Jepang memungkinkan Anda belajar di mana pun Anda berada. Manfaatkan perjalanan itu atau ganti koran pagi Anda selama sebulan dengan ini, sebagai gantinya.

Cobalah beberapa aplikasi pembelajaran bahasa yang hebat ini untuk menemukan apa yang paling cocok untuk Anda (atau gunakan keempat!):

Duolingo  menggunakan pelajaran seukuran gigitan yang membangun pengetahuan kosa kata dan tata bahasa untuk fondasi dasar yang kuat.
FluentU  mengubah video dunia nyata — seperti video musik, trailer film, berita, dan ceramah yang menginspirasi — menjadi pelajaran pembelajaran bahasa yang dipersonalisasi dengan subtitle interaktif, kartu flash video, kuis adaptif, dan lainnya: sempurna untuk latihan menyimak dan pembangunan kosa kata.
Memrise  menggunakan pengulangan spasi dan mnemonik visual buatan pengguna untuk memastikan Anda mengebor setiap kata ke dalam memori jangka panjang Anda untuk kosakata inti yang besar.
LingoDeer  menyediakan pelajaran tertulis dan audio cepat yang menyelami dasar bahasa Jepang dengan pelajaran tata bahasa yang membangun kosa kata secara alami.




2. Pelajari Struktur Kalimat Jepang, Dasar-Dasar Tata Bahasa dan Susunan Kata

Suatu bahasa bukan hanya kata-kata kosakata atau buku teks yang penuh dengan frasa umum. Anda benar-benar harus mempelajari frasa dasar, terutama jika Anda akan mengunjungi Jepang hanya dengan sebulan untuk mempelajari cara berbicara bahasa baru (dan kami memiliki beberapa frasa perjalanan yang berguna untuk Anda nanti di pos ini).

Tetapi penting juga untuk memahami tata bahasa dan struktur kalimat bahasa Jepang. Dengan cara ini, Anda setidaknya akan memiliki sedikit informasi yang dihafal untuk membantu dalam situasi kontekstual di mana Anda tidak sepenuhnya yakin apa yang dikatakan seseorang atau bagaimana merespons.

Ini juga akan membuat Anda siap untuk membangun lebih banyak tata bahasa dan kosa kata ke dalam pengetahuan Jepang Anda. Akhirnya, itu akan memberi Anda lebih fleksibel menggunakan semua kata yang Anda pelajari!

Di bawah ini adalah beberapa konsep tata bahasa yang penting yang harus diketahui oleh pelajar Jepang.

Pelajari penggunaan partikel yang tepat
Partikel Jepang adalah kata-kata yang muncul setelah kata benda, kata sifat, kata kerja, dan frasa yang dimodifikasi dalam bahasa Jepang.

Kata-kata atau suara-suara kecil ini merupakan bagian integral dari struktur kalimat Jepang dan menunjukkan bagian dari pidato, pertanyaan dan seruan dan banyak lagi. Partikel-partikel tertentu juga dapat membantu menunjukkan antusiasme, kelucuan, agresi, humor, dll.

Untuk mempelajari tentang partikel Jepang dan cara mengetahuinya, lihat sumber daya ini:

“ Cara Belajar Partikel Jepang ”  dari JLPT Boot Camp membantu peserta didik menavigasi dunia partikel yang sering membingungkan dengan panduan tentang cara mempelajarinya. (Kami sarankan Anda membaca yang ini, pertama!)
" Lembar Cheat Partikel Jepang "  dari Tofugu berisi informasi partikel dalam satu lembar informasi kental.
“ Pengantar Partikel ” “ Pengantar Partikel ”  oleh Guide to Japanese memecah setiap partikel dengan penjelasan dan contoh. oleh Guide to Japanese memecah setiap partikel dengan penjelasan dan contoh.
" Panduan Utama untuk Partikel Jepang " " Panduan Utama untuk Partikel Jepang "  oleh italki bahkan memiliki lebih banyak penjelasan dan contoh kalimat untuk pemahaman yang solid. oleh italki bahkan memiliki lebih banyak penjelasan dan contoh kalimat untuk pemahaman yang solid.
Bentuk tata bahasa untuk dipelajari terlebih dahuluBentuk tata bahasa untuk dipelajari terlebih dahulu
Bentuk tata bahasa Jepang atau "bentuk kata kerja" digunakan untuk menunjukkan berbagai jenis waktu lampau, sekarang dan masa depan. Bahasa Inggris juga memiliki bentuk kata kerja, tetapi bahasa kami secara signifikan berbeda dari bahasa Jepang sehingga mungkin perlu membiasakan diri dengan bentuk kata kerja Jepang.Bentuk tata bahasa Jepang atau "bentuk kata kerja" digunakan untuk menunjukkan berbagai jenis waktu lampau, sekarang dan masa depan. Bahasa Inggris juga memiliki bentuk kata kerja, tetapi bahasa kami secara signifikan berbeda dari bahasa Jepang sehingga mungkin perlu membiasakan diri dengan bentuk kata kerja Jepang.
Bahasa Jepang memiliki beberapa bentuk kata kerja berbasis, termasuk bentuk  polos, "te," kondisional, potensial dan imperatif.Bahasa Jepang memiliki beberapa bentuk kata kerja berbasis, termasuk bentuk  polos, "te," kondisional, potensial dan imperatif.

Pelajari dasar-dasar bentuk tata bahasa Jepang di sini:Pelajari dasar-dasar bentuk tata bahasa Jepang di sini:
“ Bentuk-bentuk Kata Kerja Pasif Jepang dan Pasif ”“ Bentuk-bentuk Kata Kerja Pasif Jepang dan Pasif ” dari Guide to Japanese seperti halaman buku teks online: Anda akan menemukan penjelasan tanpa embel-embel tentang bentuk kata kerja kausatif dan pasif di sini. dari Guide to Japanese seperti halaman buku teks online: Anda akan menemukan penjelasan tanpa embel-embel tentang bentuk kata kerja kausatif dan pasif di sini.
" All About Japanese 'Te' Form "" All About Japanese 'Te' Form " oleh Kawakawa Learn Studio adalah penyelaman yang diilustrasikan dan diberi kode warna dengan indah ke dalam bentuk "te". oleh Kawakawa Learn Studio adalah penyelaman yang diilustrasikan dan diberi kode warna dengan indah ke dalam bentuk "te".
“ Menggunakan Basis Kata Bahasa Jepang ”“ Menggunakan Basis Kata Bahasa Jepang ” oleh Free Japanese Lessons memperkenalkan semua akhiran kata kerja yang berbeda dalam satu bagan yang mudah digunakan yang dapat Anda manfaatkan untuk memandu pembelajaran Anda. oleh Free Japanese Lessons memperkenalkan semua akhiran kata kerja yang berbeda dalam satu bagan yang mudah digunakan yang dapat Anda manfaatkan untuk memandu pembelajaran Anda.
" Formulir Kata Kerja Jepang "" Formulir Kata Kerja Jepang " di CosCom mendefinisikan masing-masing bentuk kata kerja di atas secara lebih rinci; dua sumber daya bekerja sangat baik bersama. di CosCom mendefinisikan masing-masing bentuk kata kerja di atas secara lebih rinci; dua sumber daya bekerja sangat baik bersama.
Kata dan frasa kosakata pemulaKata dan frasa kosakata pemula
Apakah Anda belajar untuk perjalanan atau untuk kesenangan Anda sendiri, memiliki kosakata inti akan menciptakan fondasi yang kuat untuk membangun pembelajaran masa depan Anda. Lagipula, Anda tidak bisa belajar tata bahasa jika Anda tidak tahu kata apa pun untuk dirangkai menjadi kalimat.Apakah Anda belajar untuk perjalanan atau untuk kesenangan Anda sendiri, memiliki kosakata inti akan menciptakan fondasi yang kuat untuk membangun pembelajaran masa depan Anda. Lagipula, Anda tidak bisa belajar tata bahasa jika Anda tidak tahu kata apa pun untuk dirangkai menjadi kalimat.
Persediaan kata-kata kosa kata penting dan frase perjalanan dengan sumber daya yang luar biasa ini:Persediaan kata-kata kosa kata penting dan frase perjalanan dengan sumber daya yang luar biasa ini:
“ 80 Kata dan Frasa Jepang Mudah“ 80 Kata dan Frasa Jepang Mudah  Mengguncang Situasi Apa Pun ”  oleh FluentU akan membantu Anda memulai dengan 80 kata dan frasa penting yang harus diketahui setiap pemula. Mengguncang Situasi Apa Pun ” oleh FluentU akan membantu Anda memulai dengan 80 kata dan frasa penting yang harus diketahui setiap pemula.
“ Daftar Kosakata Bahasa Jepang Mudah & Kuis ”“ Daftar Kosakata Bahasa Jepang Mudah & Kuis ” dari NHK adalah daftar kosakata dan kuis interaktif dengan banyak kata-kata kosa kata inti yang hebat (serta beberapa kata yang lebih unik ). dari NHK adalah daftar kosa kata interaktif dan kuis dengan banyak kata-kata kosa kata inti yang hebat (serta beberapa kata yang lebih unik ).
" Kata" Kata Bahasa Jepang Dasar " oleh Rocket Languages ​​memiliki beberapa kata dasar paling umum yang harus dimulai oleh semua peserta didik, serta tautan ke kosakata yang lebih bermanfaat. Bahasa Jepang Dasar " oleh Rocket Languages ​​memiliki beberapa kata dasar paling umum yang harus dimulai oleh semua peserta didik, serta tautan ke kosakata yang lebih bermanfaat.
" Frasa Perjalanan Dasar Jepang " yang" Frasa Perjalanan Dasar Jepang " yang disajikan oleh Fodors telah Anda liput jika Anda berencana untuk mengunjungi Jepang dengan frasa perjalanan Jepang yang berguna. Tidak cukup untukmu? Lihat lebih banyak frasa wisata Jepang . disajikan oleh Fodors telah Anda liput jika Anda berencana untuk mengunjungi Jepang dengan frasa perjalanan Jepang yang berguna. Tidak cukup untukmu? Lihat lebih banyak frasa wisata Jepang .
Memahami urutan kata JepangMemahami urutan kata Jepang
Oke, kita tahu ini mungkin terdengar menakutkan.Oke, kita tahu ini mungkin terdengar menakutkan.
Urutan kata dalam bahasa Jepang sangat berbeda dari bahasa InggrisUrutan kata dalam bahasa Jepang sangat berbeda dari bahasa Inggris  dan mencoba memahami kata itu mungkin agak maju. Tetapi mengetahui dasar-dasar tulang urutan kata Jepang akan berguna secara kontekstual ketika Anda mulai berbicara bahasa Jepang: itu akan membantu Anda memahami dasar-dasar kalimat, bahkan jika Anda tidak tahu semua kata yang digunakan. dan mencoba memahami kata itu mungkin agak maju. Tetapi mengetahui dasar-dasar tulang urutan kata Jepang akan berguna secara kontekstual ketika Anda mulai berbicara bahasa Jepang: itu akan membantu Anda memahami dasar-dasar kalimat, bahkan jika Anda tidak tahu semua kata yang digunakan.
Jika Anda terjebak pada bagaimana urutan kata Jepang bekerja, lihatlah panduan yang berguna ini:Jika Anda terjebak pada bagaimana urutan kata Jepang bekerja, lihatlah panduan yang berguna ini:
" Panduan Visual untuk Urutan Kata Jepang "" Panduan Visual untuk Urutan Kata Jepang " oleh 8020 Jepang adalah sumber yang bagus untuk pelajar visual yang memecah urutan kata Jepang dengan menyajikannya dalam ilustrasi. oleh 8020 Jepang adalah sumber yang bagus untuk pelajar visual yang memecah urutan kata Jepang dengan menyajikannya dalam ilustrasi.
" On Japanese Word Order "" On Japanese Word Order " dari Nihongo Perapera tidak semarak sumber daya di atas, tetapi berisi semua hal penting yang perlu Anda ketahui tentang kata-kata string bersama untuk membentuk kalimat Jepang seperti pro. dari Nihongo Perapera tidak semarak sumber daya di atas, tetapi berisi semua hal penting yang perlu Anda ketahui tentang kata-kata string bersama untuk membentuk kalimat Jepang seperti pro.
“ Struktur Kalimat Jepang: Panduan Pemula untuk Membentuk Kalimat Jepang ”“ Struktur Kalimat Jepang: Panduan Pemula untuk Membentuk Kalimat Jepang ” dari FluentU adalah panduan pemula yang bagus untuk membentuk kalimat, pertanyaan, dan beberapa ide yang lebih maju. dari FluentU adalah panduan pemula yang bagus untuk membentuk kalimat, pertanyaan, dan beberapa ide yang lebih maju.
" Word Order in Japanese "" Word Order in Japanese " oleh Nihongo Shark menggunakan kebijaksanaan Yoda dan beberapa gambar hiu yang menyenangkan untuk memecah urutan kata dengan cara yang dapat dipahami oleh siapa pun. oleh Nihongo Shark menggunakan kebijaksanaan Yoda dan beberapa gambar hiu yang menyenangkan untuk memecah urutan kata dengan cara yang dapat dipahami oleh siapa pun.




3. Dapatkan Intisari Sistem Penulisan Jepang3. Dapatkan Intisari Sistem Penulisan Jepang

Kami telah menyebutkan sebelumnya betapa pentingnya untuk fokus pada berbicara, mendengarkan dan memahami untuk belajar bahasa Jepang yang lumayan dalam sebulan. Meski begitu, masih bijak untuk memahami dasar-dasar sistem penulisan Jepang.Kami telah menyebutkan sebelumnya betapa pentingnya untuk fokus pada berbicara, mendengarkan dan memahami untuk belajar bahasa Jepang yang lumayan dalam sebulan. Meski begitu, masih bijak untuk memahami dasar-dasar sistem penulisan Jepang.

Mulai dengan hiragana
Kanji adalah sistem penulisan rumit yang berada di luar cakupan panduan ini. Bahkan penutur asli Jepang menghabiskan bertahun-tahun mencapai kefasihan dengan kanji, jadi kami tidak menyarankan untuk melakukannya hanya dalam sebulan.Kanji adalah sistem penulisan rumit yang berada di luar cakupan panduan ini. Bahkan penutur asli Jepang menghabiskan bertahun-tahun mencapai kefasihan dengan kanji, jadi kami tidak menyarankan untuk melakukannya hanya dalam sebulan.
Namun, Anda harus melihat beberapa sumber yang menjelaskan sistem penulisan umum Jepang yang disebut hiragana:
Namun, Anda harus melihat beberapa sumber yang menjelaskan sistem penulisan umum Jepang yang disebut hiragana:


“ Pelajari Hiragana: Panduan Utama ”“ Pelajari Hiragana: Panduan Utama ” oleh Tofugu adalah panduan visual menyeluruh untuk hiragana yang menggunakan gambar untuk membantu pembaca mengingat karakter dengan cara yang tidak akan pernah mereka lupakan. oleh Tofugu adalah panduan visual menyeluruh untuk hiragana yang menggunakan gambar untuk membantu pembaca mengingat karakter dengan cara yang tidak akan pernah mereka lupakan.
“ Learn Japanese Hiragana ”“ Learn Japanese Hiragana ” oleh Guide to Japanese memiliki bagan yang praktis dengan urutan guratan dan panduan pengucapan untuk setiap karakter. oleh Guide to Japanese memiliki bagan yang praktis dengan urutan guratan dan panduan pengucapan untuk setiap karakter.
“ Baca, Tulis, Ulangi: Praktek Hiragana Jepang untuk Pemula ”“ Baca, Tulis, Ulangi: Praktek Hiragana Jepang untuk Pemula ” dari FluentU adalah daftar besar sumber daya untuk praktik hiragana, baik membaca dan menulis. dari FluentU adalah daftar besar sumber daya untuk praktik hiragana, baik membaca dan menulis.
" Kursus Hiragana 1 "" Kursus Hiragana 1 " oleh Hiragana-Lesson memperkenalkan setiap karakter dalam kelompok dengan kuis yang menyertainya. oleh Hiragana-Lesson memperkenalkan setiap karakter dalam kelompok dengan kuis yang menyertainya.
Beberapa teks Jepang disertai dengan pembacaan hiragana dari kanji yang disertakan (ini disebut furigana), sehingga mengetahui hiragana adalah awal yang sangat baik untuk mempelajari bahasa tertulis.Beberapa teks Jepang disertai dengan pembacaan hiragana dari kanji yang disertakan (ini disebut furigana), sehingga mengetahui hiragana adalah awal yang sangat baik untuk mempelajari bahasa tertulis.
Setelah Anda merasa cukup nyaman dengan hiragana, Anda dapat melanjutkan untuk mempelajari sistem penulisan bahasa Jepang lainnya, dimulai dengan katakana  kemudian beralih ke kanji — perlu diketahui bahwa pembelajaran kanji akan menjadi proses yang berkelanjutan.Setelah Anda merasa cukup nyaman dengan hiragana, Anda dapat melanjutkan untuk mempelajari sistem penulisan bahasa Jepang lainnya, dimulai dengan katakana kemudian beralih ke kanji — perlu diketahui bahwa pembelajaran kanji akan menjadi proses yang berkelanjutan.
Jangan putus asa! Lakukan satu langkah pada satu waktu.Jangan putus asa! Lakukan satu langkah pada satu waktu.




4. Bicara dan Dengarkan Penutur Asli Jepang

Anda akan mendengar guru bahasa mana pun memberi tahu Anda hal ini, tidak peduli bahasa apa yang sedang dipelajari: Jika Anda ingin memahami bahasa baru, Anda tidak bisa hanya belajar di atas kertas. Anda harus mendengarkan penutur asli.Anda akan mendengar guru bahasa mana pun memberi tahu Anda hal ini, tidak peduli bahasa apa yang sedang dipelajari: Jika Anda ingin memahami bahasa baru, Anda tidak bisa hanya belajar di atas kertas. Anda harus mendengarkan penutur asli.
Ini benar karena banyak alasan, yang terbesar adalah keterampilan pemahaman.Ini benar karena banyak alasan, yang terbesar adalah keterampilan pemahaman.

Percakapan sehari-hari bahasa Jepang


Anda mungkin berpikir Anda memiliki gambaran seperti apa suara Jepang, tetapi Anda benar-benar tidak mendapatkan nuansa dan pengucapan sampai Anda mendengarnya dari mulut orang Jepang.Anda mungkin berpikir Anda memiliki gambaran seperti apa suara Jepang, tetapi Anda benar-benar tidak mendapatkan nuansa dan pengucapan sampai Anda mendengarnya dari mulut orang Jepang.
Penting juga untuk mendengarkan dan berbicara bahasa Jepang terus-menerus untuk meningkatkan kelancaran Anda. Meningkatkan dan tumbuh dalam bahasa Jepang seperti melatih otot: jika Anda tidak berhasil, itu tidak akan membengkak.Penting juga untuk mendengarkan dan berbicara bahasa Jepang terus-menerus untuk meningkatkan kelancaran Anda. Meningkatkan dan tumbuh dalam bahasa Jepang seperti melatih otot: jika Anda tidak berhasil, itu tidak akan membengkak.
Berkomunikasi dengan penutur asliBerkomunikasi dengan penutur asli
Untuk mendengarkan dan berkomunikasi dengan penutur asli Jepang, cobalah beberapa  situs pertukaran bahasa. Situs-situs ini mencocokkan pelajar dengan penutur asli: Anda mengajar seseorang bahasa Inggris (atau bahasa ibu Anda) dan sebagai gantinya, mereka mengajarkan Anda bahasa Jepang.Untuk mendengarkan dan berkomunikasi dengan penutur asli Jepang, cobalah beberapa situs pertukaran bahasa. Situs-situs ini mencocokkan pelajar dengan penutur asli: Anda mengajar seseorang bahasa Inggris (atau bahasa ibu Anda) dan sebagai gantinya, mereka mengajarkan Anda bahasa Jepang.
Berikut adalah beberapa program pertukaran bahasa favorit kami:Berikut adalah beberapa program pertukaran bahasa favorit kami:
HelloTalkHelloTalk  adalah program obrolan di mana pelajar dapat menemukan dan dengan mudah mengobrol dengan penutur asli. adalah program obrolan di mana pelajar dapat menemukan dan dengan mudah mengobrol dengan penutur asli.
WeSpekeWeSpeke kadang-kadang disebut sebagai "polyglot Facebook" dan bertindak sebagai layanan media sosial untuk pelajar bahasa.  kadang-kadang disebut sebagai "polyglot Facebook" dan bertindak sebagai layanan media sosial untuk pelajar bahasa.
Pertukaran PercakapanPertukaran Percakapan  mencocokkan pengguna dengan penutur asli di wilayah mereka yang ingin bertukar kiat bahasa dan membantu secara langsung. mencocokkan pengguna dengan penutur asli di wilayah mereka yang ingin bertukar kiat bahasa dan membantu secara langsung.
Pertukaran Bahasa SayaPertukaran Bahasa Saya  memungkinkan pengguna untuk menjangkau penutur asli dan pembelajar bahasa dari seluruh dunia hanya untuk mengatakan "hai" atau memulai percakapan. memungkinkan pengguna untuk menjangkau penutur asli dan pembelajar bahasa dari seluruh dunia hanya untuk mengatakan "hai" atau memulai percakapan.
Tonton media JepangTonton media Jepang
Jika Anda merasa tidak siap untuk komunikasi satu lawan satu, Anda masih bisa mendapatkan latihan mendengarkan  dengan menonton film, acara televisi, dan drama Jepang sesegera mungkin.Jika Anda merasa tidak siap untuk komunikasi satu lawan satu, Anda masih bisa mendapatkan latihan mendengarkan dengan menonton film, acara televisi, dan drama Jepang sesegera mungkin. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Game VR untuk Ps4